Merasa sendirian? Cara Mengatasi Perasaan Kesepian

Mungkin Anda baru saja bercerai atau terpisah. Mungkin itu sudah lama sejak Anda telah berada dalam hubungan yang bermakna. Atau mungkin Anda terjebak dalam hubungan yang tidak menyediakan Anda dengan keintiman emosional yang Anda butuhkan. Dalam hal apapun, Anda merasa kesepian - sangat sendirian, tidak dicintai, dan tidak didukung. Apa yang bisa kamu lakukan?



Berikut adalah tujuh langkah yang dapat diambil untuk lebih memahami dan mengatasi perasaan Anda kesepian.
1. Memahami perbedaan antara kesepian dan kesendirian. Menghabiskan waktu saja tidak harus menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Banyak orang, dari zaman kuno sampai sekarang, telah memilih untuk benar-benar melepaskan diri dari semua kontak manusia selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, pada satu waktu, dan telah menemukan kepuasan dalam kesendirian. Paul Tillich, Jerman-Amerika teolog dan filsuf eksistensialis Kristen, menjelaskan perbedaan antara kesepian dan kesendirian dengan cara ini,
Bahasa ... telah menciptakan kata "kesepian"
untuk mengekspresikan rasa sakit sendirian.
Dan itu telah menciptakan kata "kesendirian"
untuk mengekspresikan kemuliaan sendirian.
2. Perasaan kesepian adalah rasa kehilangan sesuatu. Ini mungkin tampak jelas bahwa apa yang hilang adalah orang - orang yang tepat. Namun, akan sangat membantu untuk melihat lebih dalam. Mungkin realitas di balik kurangnya jelas persahabatan sebenarnya merupakan masalah harga diri. Ketika Anda menyukai diri Anda, dan menikmati perusahaan Anda sendiri, Anda tidak merasa kesepian - Anda hanya menikmati kesendirian. Jika Anda menemukan bahwa Anda benar-benar tidak menyukai diri sendiri dengan baik, Anda dapat membuat kemajuan lebih efektif menuju merasa lebih baik dengan mengatasi harga diri Anda daripada dengan mencari pendamping baru.
3. Jika Anda menemukan bahwa Anda lakukan seperti Anda dan masih belum merasa kesepian, memeriksa apa jenis persahabatan Anda yang hilang. Apakah Anda membutuhkan seseorang untuk berbicara dengan? Apakah Anda membutuhkan sebuah kelompok untuk pesta dengan? Apakah Anda membutuhkan keintiman fisik? Sebelum Anda dapat mengatasi kekurangan yang dirasakan, Anda harus memahami sifat dari apa yang hilang.
4. Praktek menikmati kesendirian. Menghabiskan waktu dalam situasi di mana sendirian terasa alami. Salah satu cara terbaik untuk menikmati kesendirian adalah pergi untuk berjalan-jalan di alam - mungkin di hutan atau di bagian sepi dari pantai. Membiarkan pemutar musik di rumah. Menjaga jadwal Anda terbuka sehingga Anda bisa tergesa-gesa. Nikmati angin, gemerisik daun atau pasir di bawah tumit, panggilan burung.
5. Bergabung dengan grup yang tidak memerlukan komitmen emosional. Bergabung dengan kelompok membaca atau kelompok aktivis lingkungan. Sukarelawan untuk kelompok layanan seperti Palang Merah. Menikmati perusahaan orang tanpa harapan. Tidak mengembangkan harapan orang lain, dan tidak memberikan kepercayaan kepada harapan bahwa orang lain mengarahkan ke arah Anda.
6. Mungkin perasaan Anda kesepian sebenarnya gejala dari kekosongan spiritual. Pertimbangkan untuk bergabung dengan organisasi keagamaan atau filosofis dan menghadiri pertemuan rutin.
7. Jika Anda menemukan bahwa perasaan Anda kesepian disebabkan oleh keinginan untuk keintiman fisik, jujur ​​dengan diri sendiri tentang apa yang Anda benar-benar merasa. Entah memenuhi kebutuhan Anda bertanggung jawab, atau gunakan saran sebelumnya untuk mengalihkan perhatian Anda dari kebutuhan fisik Anda.

Komentar